Situgunung pilihan tepat wisata alam mengisi sisa waktu libur lebaran

Sukabumi-d’KIT, 06/06/2019

Kawasan wisata alam Situgunung menjadi pilihan tepat jika kalian masih bingung mengisi sisa waktu libur lebaran khususnya warga Jabodetabek.

Dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam dari Jakarta Selatan atau sekitar 60 km jarak tempuh kami sampai di Situgunung yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangorango, Sukabumi.
Selain wisata danau nya yang indah kini telah bertambah destinasi jembatan gantung (suspension bridge) yang baru saja diresmikan sekitar pertengahan bulan September 2018 lalu yang menghubungkan jalan menuju wisata air terjun Curug sawer.
Jembatan gantung yang terbuat dari baja yang bagian pijakannya dari kayu merbau ini dapat dilalui bersamaan sekitar maksimal 40 orang. Panjang jembatan tersebut 243 m, lebar 180 m, tinggi pagar 1,5 m, ketinggian dari dasar 120 m merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia dan untuk berjalan kaki perlahan dari ujung ke ujung hanya memakan waktu 5 menit dengan sedikit menggugah adrenalin.

Foto by Shamira

Suspension bridge buka setiap hari pukul 08.00-16.00 dengan harga tiket masuknya Rp50.000 untuk dewasa, anak-anak <9 tahun Rp25.000; manula >65 tahun, balita dan difabel gratis.

Tiket tersebut adalah tiket terusan ke tujuan Curug Sawer termasuk untuk masuk ke Danau Situgunung. Kita juga akan mendapatkan welcome drink yang bisa diambil di sebuah kafe yang memiliki balkon untuk memandang ke arah jembatannya juga sudah mencakup dipinjamkan harness pengaman yang harus dipakai selama melintasi jembatan.
Tidak perlu persiapan mental khusus untuk melewati dan berfoto-foto di atas jembatan ini karena jembatan ini telah dibuat senyaman mungkin dan goyangan nya pun hanya pelan ketika berjalan di antaranya sehingga aman untuk yang phobia ketinggian sekalipun.

Menuju ke Curug Sawer dari pintu gerbang Wisata Situgunung jaraknya 1,7 km, butuh waktu 1,5 jam perjalanan jalan kaki dan bisa sewa ojek Rp50.000 sekali jalan namun semenjak ada jembatan gantung menjadi sekitar 10-15 menit saja jalan kaki dari ujung jembatan gantung.
Treknya pun kini sudah dibuat senyaman mungkin untuk jalur pariwisata.

Begitupun jarak tempuh dari pintu gerbang Wisata Situgunung ke danau situgunung jaraknya kurang lebih sekitar 1 km dan butuh waktu sekitar 30-40 menit perjalanan jalan kaki dan bisa juga sewa ojek seharga Rp.50.000 tarif pulang pergi.

Selain wisata Danau, Jembatan Gantung (suspension bridge) dan curug sawer terdapat lokasi untuk berkemah (camping ground).
Untuk tiket masuk berkemah sendiri adalah Rp.29.000/ orang jika membawa peralatan tenda atau berkemah sendiri. Namun Pengelola Kawasan wisata alam Situgunung juga menyediakan paket berkemah mulai dari Rp. 230.000/orang hingga Rp.370.000,-/orang paket tersebut termasuk peralatan berkemah, makan dan service area seperti listrik pengamanan area dsb.

Jadi jangan tunda lagi perjalanan anda jika belum mempunyai rencana menghabiskan sisa libur lebaran anda kali ini dan jangan lupa mencoba mochi asli oleh-oleh khas Sukabumi.

Komunitas Indonesia Trip (KIT) sendiri berencana akan mengadakan seseruan merayakan HUT RI ke 74 nanti pada tanggal 17 Agustus 2019 di Situgunung, Insyaallah.

Salam

*/ap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: