Mitigasi Bencana dalam setiap perjalanan kita.

Jakarta, d’KIT – 08/06/2019

Hari ini mendapat pesan dalam WA group berita dukacita dalam bentuk video bahwa telah terjadi bencana yang mengakibatkan meninggalnya 10 orang terbawa gelombang air laut di Pantai Sawarna, Bayah Banten Jawa Barat. Berita tersebut masih menunggu klarifikasi kebenaran data atau berita yang valid dari sumber yang terpercaya.

Padahal beberapa hari sebelumnya belahan jiwa mengajak untuk menghabiskan sisa waktu liburan ke Pantai Sawarna lagi pada hari Sabtu Minggu ini namun seperti biasa dan berusaha membiasakan diri untuk mengecek berita BMKG dan BNPB sebelum berpergian.
Namun ternyata terdapat dua peringatan dini dari BMKG yaitu peringatan dini waspada angin kencang dan gelombang tinggi untuk daerah Pandeglang dan pesisir Banten Selatan yang di perkirakan sebelumnya terdapat waspada gelombang tinggi air laut setinggi 2.5 meter sampai 4 meter.
Peringatan dini yang kedua adalah untuk sebagian besar daerah Jawa Barat juga mewaspadai terjadinya angin kencang disertai kilat/petir dan hujan lebat dikisaran waktu menjelang malam khususnya daerah Bogor, Depok, Bekasi, Kerawang, Purwakarta, Cianjur Utara, Sukabumi Utara.
Karenanya niat berpergian segera kami urungkan segera.

Memang segala kejadian musibah bencana yang terjadi adalah sudah tertulis dalam kitab lauhful mahfuz dan menjadi kehendak takdir dari Tuhan Yang Maha Pencipta.
Namun tidak ada salahnya untuk memastikan sebuah perjalanan kita menjadi lebih aman dan nyaman sampai tujuan dan kembali dengan selamat ada baiknya juga memperhatikan hal-hal yang menjadi standar keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanan kita.

Mitigasi Bencana begitu lah istilah formalnya yang biasa di dengungkan oleh para pihak yang biasa berkecimpung dalam perkerjaan yang berhubungan dengan bencana alam.

Menurut UU Nomor 24 Tahun 2007, mengatakan bahwa pengertian mitigasi dapat didefinisikan adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.
Bencana sendiri adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor non-alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan
lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis. Bencana dapat berupa kebakaran, tsunami,gempa bumi, letusan gunung api, banjir, longsor, badai tropis, dan lainnya

Berdasarkan siklus waktunya, penanganan bencana tersebut terdiri atas 4 tahapan sebagai berikut :
1. Mitigasi
Mitigasi merupakan tahap awal penanggulangan bencana alam untuk mengurangi dan memperkecil dampak bencana. Mitigasi adalah kegiatan sebelum bencana terjadi. Contoh kegiatannya antara lain membuat peta wilayah rawan bencana, pembuatan bangunan tahan gempa, penanaman pohon bakau, penghijauan hutan, serta memberikan penyuluhan dan meningkatkan kesadaran masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana
2.Kesiapsiagaan
Kesiapsiagaan merupakan perencanaan terhadap cara merespons kejadian bencana. Perencanaan dibuat berdasarkan bencana yang pernah terjadi dan bencana lain yang mungkin akan terjadi. Tujuannya adalah untuk meminimalkan korban jiwa dan kerusakan sarana-sarana pelayanan umum yang meliputi upaya mengurangi tingkat risiko, pengelolaan sumber-sumber daya masyarakat, serta pelatihan warga di wilayah rawan bencana.
3.Respons
Respons merupakan upaya meminimalkan bahaya yang diakibatkan bencana. Tahap ini berlangsung sesaat setelah terjadi bencana. Rencana penanggulangan bencana dilaksanakan dengan fokus pada upaya pertolongan korban bencana dan antisipasi kerusakan yang terjadi akibat bencana.
4.Pemulihan
Pemulihan merupakan upaya mengembalikan kondisi masyarakat seperti semula. Pada tahap ini, fokus diarahkan pada penyediaan tempat tinggal sementara bagi korban serta membangun kembali saran dan prasarana yang rusak. Selain itu, dilakukan evaluasi terhadap langkah penanggulangan bencana yang dilakukan.
Bencana sendiri adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor non-alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan
lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis. Bencana dapat berupa kebakaran, tsunami,gempa bumi, letusan gunung api, banjir, longsor, badai tropis, dan lainnya

Nah, tulisan ini mudah-mudahan dapat mengingat kan diri pribadi kembali dan juga sobat-sobat KIT dimana pun berada dan berarti ikut pula menjadi penyuluh dalam meningkatkan kesadaran kita sebagai masyarakat yang memang daerah atau negri tempat kita tinggal adalah potensi rawan bencana.

Jadi dalam melakukan perjalanan pun hendaknya kita punya kesadaran mitigasi atas hal-hal keselamatan pribadi termasuk keselamatan berkendara dan keselamatan di lokasi destinasi wisata yang akan kita tuju.

Beberapa informasi mengenai hal tersebut saat ini dapat dengan mudah kita akses di situs-situs resmi BMKG, BNPB dan bisa kita install dari play store atau AppStore smartphone kita dalam bentuk mobile aplikasi seperti Info BMKG, E_Tangguh BNPB, InaRiSK, MAGMA Indonesia, siapsiaga Bencana Alam. Disitu banyak informasi yang akan kita dapat mengenai mitigasi bencana dan pemberitahuan kondisi cuaca, alam dsb nya secara real-time atau up-to-date.

Semoga tulisan ini juga termasuk dalam membantu masyarakat dalam mitigasi bencana yaitu ikut menyadarkan setiap pribadi di manapun berada untuk selalu siap siaga terhadap kondisi bencana yang sewaktu-waktu dapat menimpa kita.

Pantai Sawarna Bayah Banten memang memiliki daya tarik tersendiri dan pemandangan yang indah bagi setiap pengunjung nya yang selalu akan mengajak para pengunjungnya untuk kembali kesana.

Salam

*/ap

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

Buat situs web Anda di WordPress.com
Memulai
%d blogger menyukai ini: